Kemana jual Cacing tanah? Untuk apa cacing di ekspor?

earthworms, worm farming. uncle jims.
Dalam artikel sebelumnya, saya menulis akan memberi tahu kemana saya ekspor cacing, dan bagimana bisa ekspor cacing, dan bagaimana memenuhi quota permintaan cacing tersebut. 

Tahun 2005 kami menternak belut dan pakan utama belut adalah cacing, oleh karena itu kami pun ternak cacing, diawali bibit 200 kg dalam waktu delapan bulanan stok cacing kami jadi 2,2 ton, sehingga stok pakan belut sangat banyak, namun sayang, karena satu dan berbagai hal ternak belut nya tidak berhasil, padahal pembeli dari Malaysia sudah datang ke peternakan belut kami untuk transaksi belut.

Karena belut nya tidak berhasil, sedangkan cacingnya berlimpah, maka saya memberanikan diri menawarkan cacingnya ke orang Malaysia tersebut. Tentu saja orang Malaysia itu hanya tertawa saat saya menawarkan cacing, tapi saya tidak menyerah, ke orang Malaysia itu, saya terangkan apa saja manfaat cacing dan siapa  saja yang kemungkinan memerlukan cacing di Malaysia, setelah mendengar penjelasan saya tentang manfaat cacing dan cara ternaknya, orang Malysia itu pun pulang. dan kami bingung sendiri,  pertanyaan kami saat itu.." Bisa gitu kami ekspor cacing? "....

Dua minggu kemudian, orang Malaysia tersebut menelpon kami, dan minta dikirim sample sebanyak 250kg, begitu kami mendengar permintaan tersebut tentu saja kami senang dan bingung karena belum tahu bagaimana syarat ekspor cacing dan apa saja yang harus di siapkan sebelum kirim cacing. Butuh sekitar 3 bulan untuk akhirnya tahu persyaratan ekspor cacing itu apa saja. 

Di Malaysia cacing diternak untuk membuat kompos atau pengurai kompos, bahan-bahan yang diikomposkan adalah limbah pertanian salah satunya limbah pertanian sawit, salain itu cacing banyak digunakan untuk pakan ternak ikan dan unggas. 

Setahu kami, di Malaysia, cacing tidak dijadikan sebagai bahan baku obat seperti di Indonesia dan di negara lain. Di Amrerika, China, Canada, Jepang dan lain-lain Cacing banyak digunakan untuk bahan baku obat dan suplemen kesehatan, dan tentu saja kascingnya banyak dimanfaatkan untuk pertanian dan mengembalikan unsur hara tanah yang hilang atau rusak. 

Semoga beranfaat...
Jika perlu bibit cacing Lumbricus rubellus atau yang lainnya. hubungi kami 0878 210 650 97 atau 081313 633 536 atau 0878 2191 8877.

Tidak ada komentar: